Minggu, 25 Oktober 2015

TIPE SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU YANG SERING DIJUMPAI DI DUNIA KONSTRUKSI

TIPE SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU YANG SERING DIJUMPAI DI DUNIA KONSTRUKSI

Udah lama banget gak nulis blog, liat-liat tugas kuliah dulu jadi pengen nulis lagi. Sekedar berbagi lagi nih masalah seputar kayu. Dulu jaman kuliah suka dikasih tugas menggambar detail sambungan kayu di kertas kalkir. Walau mungkin sekarang udah jarang ya kita temuin gambar manual di kalkir, karna udah banyak banget software-softwar gambar seperti AutoCad, ArchiCad, Google Scetch, dan software-sofftware grafis lainnya. Ditambah lagi sekarang sudah menjamur konstruksi Baja ringan yang lagi populer sekarang, jadi atap rumah, balok atap dan atap balkon sudah banyak yang beralih menggunakan rangka baja ringan, karna menghitung segi awet dan kecepatan pekerjaan. Apalagi di jaman bangunan minimalis sekarang, sepertinya penggunaan kayu untuk konstruksi mulai berkurang. Tapi tetep kok masih banyak juga yang menggunakan konstruksi kayu.

Langsung aja deh ke materi, berikut beberapa tipe sambungan dan hubungan kayu:

SAMBUNGAN KAYU1. Sambungan bibir lurus

Merupakan jenis sambungan yang paling sederhana, kekuatan sambungan lemah karena masing-masing ditakik separo, sehingga digunakan untuk batang yang seluruh permukaannya tertahan (contoh balok tembok/murplat). Sambungan diperkuat dengan paku atau baut.


Jenis sambungan BIBIR LURUS ini biasanya digunakan untuk penyambungan kayu pada arah memanjang. (biasanya digunakan untuk kayu balok pada konstruksi bangunan ).




2. Sambungan kait lurus

Jenis sambungan ini digunakan apabila ada gaya tarik yang timbul pada batang, dan seluruh permukaan batang tertahan. Sambungan diperkuat dengan paku atau baut.




3. Sambungan lurus miring

Sambungan ini digunakan untuk menyambung gording yang dipikul oleh kuda-kuda. Letak didekatkan kuda-kuda, bukan bibir penutup.




4. Sambungan kait miring

Hampir sama dengan bibir miring, sambungan digunakan jika gaya tarik bekerja pada batang.




5. Sambungan Takikan Mulut Ikan
Type sambungan TAKIKAN LURUS MULUT IKAN ini biasa digunakan pada balok kayu dengan arah memanjang. Untuk detailnya silakah lihat gambat berikut.



6. Sambungan memanjang kunci sesisi

· Jenis sambungan ini digunakan untuk konstruksi kuda-kuda baik balok tarik maupun kaki kuda-kuda, karena menghasilkan kekuatan tarik maupun desak yang baik.
· Letak pengunci pada balok tarik berada diatas, sedangkan pada pada kaki kuda-kuda berada di atas.
· Pengunci akan menyebabkan momen sekunder pada sambungan, oleh karena tidak diperkenankan menggunakan sambungan miring.





7. Sambungan memanjang kunci jepit

Sambungan kunci jepit dapat menetralisir momen sekunder yang terjadi pada sambungan kunci sesisi. Kekuatan yang dihasilkan lebih baik, namun kurang tepat digunakan untuk kuda-kuda.



8. Sambungan memanjang tegak lurus

Digunakan untuk tiang-tiang tinggi, yang dimensinya sulit didapatkan di pasaran.




9. Sambungan Kayu Melebar Lidah dan Alur
Type sambungan kayu melebar jenis LIDAH DAN ALUR ini biasa digunakan pada jenis kayu melebar untuk konstruksi lantai dan konstruksi dinding. Untuk detailnya silakah lihat gambat berikut.


10. Sambungan Takikan Lurus Rangkap

Type sambungan TAKIKAN LURUS RANGKAP ini biasa digunakan pada balok kayu dengan arah memanjang. Untuk detailnya silakah lihat gambat berikut.


11. Sambungan Kayu Purus dan Lobang dengan Gigi Tegak

Type sambungan kayu PURUS DAN LOBANG DENGAN GIGI TEGAK ini biasa digunakan pada balok kayu dengan arah memanjang. Untuk detailnya silakah lihat gambar berikut.




HUBUNGAN KAYU
Macam-macam hubungan kayu:

- Hubungan penyiku
- Hubungan kayu silang/lintang
- Hubungan pen lobang
- Hubungan kayu serong


Langsung aja ya liat gambarnya,
- Hubungan penyiku



- Hubungan silang dan lintang
Hubungan silang, digunakan untuk menghubungkan kayu yang saling silang (vertikal dan horisontal). Sambungan lintang digunakan untuk pemasangan bubungan/nok.
Hubungan Pen Lobang
Hubungan Pen lobang, digunakan untuk hubungan ambang atas dengan tiang daun pintu.
Hubungan Serong
Hubungan serong, digunakan untuk hubungan antara kaki kuda-kuda dengan balok tarik.
Nah itulah jenis-jenis tipe sambungan dan hubungan kayu. Sebenarnya masih banyak lagi tipe-tipe sambungan kayu lainnya selain yang disebutkan di atas. Tapi sambungan sambungan kayu di atas merupakan tipe sambungan yang paling sering ditemui dalam konstruksi bangunan. Semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar: