Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007

Update 27 February 2015


Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007
Semula saya cukup pusing membuat sertifikat dan mengeprint nya dengan program Corel Draw 12, hasilnya tampilan seperti gambar dibawah ini:
Setelah saya searching di internet ternyata ada cara lebih mudah membuat sertifikat, yaitu dengan program Microsoft Word 2007, bahkan bisa entry nama langsung dengan mail merge, wow ! emazing…… jadi gak usah repot2 ketik nama satu2 cukup membuat tabelnya langsung link kan degan mail merge.
Dibawah ini saya saya sampaikan step by step pembuatan sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2007
Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2007 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini kita membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2007 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.
Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2007?

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat dan  Piagam dengan Menggunakan MS Word 2007

Cara membuat Sertifikat/Piagam dengan MS Word 2007 adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan Program Microsoft Word 2007
  2. Pastikan komputer yang kita gunakan terhubung ke internet, karena kita akan mendownload template bingkai atau border sertifikat atau border piagam pada Microsoft Office Online !
  3. Klik menu File (klik gambar 4 kotak warna warni yang ada diujung kiri atas)
    Cara Membuat Sertifikat dengan MS Word 2007
  4. Pilih New Document
    New Document
  5. Maka terbuka windows New Document
  6. Pilih More Categories
    More Categories
    Note:
    Jika di MS Word 2007 mu tidak muncul link “More Categories, seperti gambar dibawah ini:
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categoriesMaka ketikan saja di kolom search nya tulisan: Certificate
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_2Lalu tekan tombol enter di keyboard
    Maka akan muncul tampilan seperti ini, pastikan komputermu terhubung ke internet ya….. karena MS Word 2007 kamu akan Searching file Certificate di Microsoft Office Online:
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_3Tunggu sebentar sampai muncul tampilan seperti ini:
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_4Nah ini artinya di Microsoft kita sudah siap untuk membuat Sertifikat, misalnya kita pilih tampilan yang nomor emapat, seperti gambar dibawah ini:
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_pilih_yg_nomor_empat_1Lalu klik Download, tunggu sebentar proses downloadnya
    Maka segera akan terbuka tampilan seperti ini di MS Word 2007 kita
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_pilih_yg_nomor_empat_2Nah kita sekarang bisa mengisinya dengan tulisan yang kita mau
    Selesai !
    Note:
    Untuk MS Word 2007 yang tidak keluar link More Categories di sisi kirinya, maka tidak semua tampilan template Certificate online yang muncul bisa di download, misalnya High School Diploma Certificate (Fancy Design) seperti gambar dibawah ini sama sekali tidak bisa di download
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_5cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_6Jika di klik download maka commentnya akan seperti ini:
    cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_7Atau jika kamu memaksa untuk bisa mempunyai bentuk seperti tersebut, bisa di download saja disini: Certificate of recognition for administrative professional asli (http://anitanet.staff.ipb.ac.id/files/2012/11/Certificate-of-recognition-for-administrative-professional-asli.docx)
    Lalu nanti open dengan Ms. Word 2007 mu maka akan muncul tampilan seperti yang kamu inginkan yaitu seperti High School Diploma Certificate (Fancy Design)cara_cepat_dan_mudah_membuat_sertifikat_memakai_ms_word_2007_tidak_ada_tulisan_more_categories_8Okey siiip….. selesai deh
  7. /Conect to Microsoft Office Onnline/pilih tulisan Certificates
    Pilih Certificates
  8. /pilih kelompok template “Business Award Certificates”
    Pilih Business Awards Certificates
    Disini kita bebas memilih bentuk sertifikat yang kita inginkan. Dalam hal ini saya contohkan kalau saya memilih sertifikat dengan model Business Award Certificates.Berikut adalah contoh bentuk border sertifikat yang disediakan oleh MS Word 2007:
    Contoh border sertifikat 1Contoh boder sertifikat 2Contoh border sertifikat 3 Contoh border sertifikat 4Contoh border sertifikat 5 Contoh border sertifikat 6Contoh border sertifikat 7Contoh border sertifikat 8
  9. /pilih “Certificate of recognition for administrative professional”
    Pilih "Certificate of recognition for administrative professional"
  10. /Klik tombol Dwnload,
    Klik Download
  11. maka akan muncul window Download Template, tunggu sebentar proses download nya sampai muncul bentuk sertifikat yang kita ingini, yaitu seperti gambar berikut:

    Ini memang cara cepat dan mudah membuat sertifikat, piagam MS Word 2010. Template sertifikat ini terdiri dari gambar bingkai, background dan beberapa text box untuk isi sertifikat atau piagam.
  12. Jika mau download file aslinya bisa di download disini Certificate of recognition for administrative professional asli (http://anitanet.staff.ipb.ac.id/files/2012/11/Certificate-of-recognition-for-administrative-professional-asli.docx)
    Note: Jika link diatas di klik maka langsung save ke hardisk mu lalu open pakai MS Word 2007
  13. Siapkan logo yang mau dimasukkan, misalnya logo sepeti dibawah ini
  14. Ubahlah tulisan yang ada di dalam format sertifikat sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan ukuran text box dengan teks yang kita ketikkan.
  15. Jika mau download file tersebut dalam format MS Word nya bisa langsung klik disini Sertifikat_MS_Word_2007 atau disini Certificate of recognition for administrative professional setelah diedit (http://anitanet.staff.ipb.ac.id/files/2012/11/Certificate-of-recognition-for-administrative-professional-setelah-diedit.docx)
    Note: Jika link diatas di klik maka langsung save ke hardisk mu lalu open pakai MS Word 2007
  16. Untuk pengisian nama2 penerima sertifikat tersebut gunakan fasilitas Mail Merge
    MENGGUNAKAN MAIL MERGE UNTUK MEMPERCEPAT PENGISIAN SERTIFIKAT ATAU PIAGAM
  17. Caranya buat file lain yaitu fike yang berisi data, buat dalam bentuk tabel, simpan dengan nama “data_nama_peserta”. Buat seperti gambar dibawah ini:
    Data telah selesai dibuat. Selanjutnya adalah menggabungkan data dengan document, dalam hal ini adalah format sertifikat atau piaga penghargaan.
  18. Lalu kita kembali ke file sertifikat
  19. Tandai tulisan “Ir Anita Handayani”
  20. Lalu pilih menu Mailings/Select Recipients/Use Existing List/Cari nama file “data_nama_peserta” yang kita buat tadi, lalu tandai/Klik Open
  21. Sekarang klik lagi menu Insert Merge Field/Pilih tulisan Nama_Peserta maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
  22. Untuk membuka nama nya, klik menu Preview Result
    Maka akan muncul nama record pertama
  23. Untuk memunculkan nama berikutnya tinggal menekan tanda panah ke kanan (disamping tulisan yang dilingkari merah)
  24. Nama Ir Anita Handayani ada di record 11
  25. Sekarang kita akan mencetak atau mengeprint otomatis dengan Merge to Printer
    Cetak otomatis dengan Merge to Printer
  26. Caranya pilih menu Mailings/Finis & Merge/Print Document
    Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
    Pada kotak dialog Merge to Printer isi kotak From: dan To: dengan angka data record yang akan dicetak misalkan From: 1 To: 6 maka data yang dicetak adalah data 1 sampai dengan 6. Klik OK, lanjutkan pencetakan dengan klik OK setelah memilih jenis printer yang digunakan.
  27. Selesai, selamat mencoba !
  28. Jika ditambah bordernya maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

    Cara buat border tersebut:
    Pilih menu Page Layout/Page Border/dikolom Art pilih border yang diinginkan (ada di urutan ke 41 dari bawah)/Klik tombol OK (kalau mau ganti warna nya drug tombol di kolom color)

Tutorial ini bisa di download dalam bentuk file pdf disini:
Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2007 oleh Anita Handayani.pdf
Contoh bentuk logo Unit Arsip IPB:
LOGO-ARSIP-200pixel

Tidak ada komentar: