Senin, 31 Agustus 2015

Sistem Struktur dengan Konstruksi Baja


Sistem Struktur dengan Konstruksi Baja

Sistem Struktur dengan Konstruksi BajaHampir semua sistem konstruksi baja berat terbuat dari elemen linier memanjang dalam satu arah. Berbagai profil cross-sectional dengan lebar flange baja tersedia dalam berbagai ukuran dapat digunakan. Jumlah ukuran penampang memungkinkan fleksibilitas dalam desain balok elemen-dan-kolom. Meskipun hubungan sederhana (sendi) yang biasa digunakan dalam sistem ini, kita dapat dengan mudah membuat jalur persimpangan yang mampu menanggung saat ini. Struktur poin rangka hubungnya mampu menanggung saat ini, memiliki ketahanan terhadap beban lateral cukup besar. Juga stabilitas lateral dapat ditingkatkan dengan menggunakan dinding geser atau elemen bracing diagonal.
BALOK

jasa konstruksi putra jaya (22)
Jasa Konstruksi Baja Putra Jaya
jasa konstruksi putra jaya (20)
Jasa Konstruksi Baja Putra Jaya

jasa konstruksi putra jaya (19)
Jasa Konstruksi Baja Putra Jaya
Sayap berbentuk lebar biasanya digunakan sebagai elemen yang membentang secara horizontal Interval dapat span sangat luas untuk elemen ini. Elemen ini biasanya terpaku tindakan sederhana kecuali pesanan diperlukan untuk menjamin stabilitas, di mana hubungan mampu menanggung saat digunakan. Bentuk lain, seperti kanal, kadang-kadang digunakan untuk membawa saat ini, tetapi biasanya terbatas pada beban ringan dan bentang pendek.
Sistem Struktur  Balok
Sistem Struktur Balok
GIRDER PLAT
Girder plat adalah bentuk khusus dari balok dengan penampang tersusun. Elemen ini dapat dirancang untuk berbagai macam beban maupun bentang yang dibutuhkan. Elemen struktur ini sangat berguna apabila beban yang sangat besar harus dipikul oleh bentang menengah. Elemen ini sering digunakan, misalnya sebagai elemen penyalur beban utama yang memikul beban kolom pada bentang bersih.

KONSTRUKSI KOMPOSIT
Banyak sistem struktural yang tidak dapat dikelompokkan secara mudah menurut material yang digunakan. Sistem balok komposit seperti terlihat pada Gambar 6.7(c) sering kita jumpai. Dalam hal ini, baja adalah bagian yang diletakkan pertama kali, kemudian beton dicor di sekitar penghubung geser (shear connectors) di atas balok baja. Adanya penghubung geser tersebut menyebabkan balok baja dan beton di atasnya bekerja secara integral. Dengan demikian terbentuk  penampang T dengan baja sebagai bagian yang mengalami tarik, dan beton yang mengalami tekan.
Sistem Struktur  Konstruksi Komposit
Sistem Struktur Konstruksi Komposit

RANGKA BATANG DAN JOIST BATANG TERBUKA
Sebuah variasi tak terbatas konfigurasi rangka batang yang dapat digunakan. Gulungan juga dapat diciptakan atau dirancang khusus untuk bentang dan beban yang sangat besar. Joist web terbuka yang merupakan produksi besar-besaran dapat digunakan baik untuk lantai dan atap sistem. Unsur-unsur ini biasanya relatif ringan dan merata. Joist web terbuka ditumpu umumnya sederhana, tetapi bila diperlukan dapat dibuat hubungan kaku. Dalam sistem yang sama dapat digunakan joist web balok silang lebar sayap terbuka dan memiliki titik kontak yang dapat membawa saat ini jadi kita punya kerangka yang dapat menahan beban lateral.

PELENGKUNG
Pelengkung kaku dengan berbagai bentuk dapat dibuat dari baja. pelengkung yang diciptakan diluar lokasi (prefabrikasi) dan telah tersedia untuk ukuran kecil hingga menengah. Ada pelengkung yang dirancang khusus dan memiliki rentang yang sangat panjang [misalnya rentang 300 ft (90 m) atau lebih]. Pelengkung baja dapat dibuat dari penampang masif atau dinding terbuka.

CANGKANG
Banyak bentuk cangkang yang menggunakan baja. Masalah utama dalam penggunaan baja untuk memperoleh permukaan berkelengkungan ganda adalah memuat bentuk dari elemen-elemen garis. Pada kubah,misalnya, baik pendekatan dengan rusuk atau geodesik adalah mungkin. Dek baja ringan yang erdimensi kecil umumnya digunakan untuk membentuk permukaan terluarnya. Pada situasi bentang kecil, permukaan baja melengkung dapat dibuat dengan menekan lembaran baja secara khusus agar serupa dengan cara yang digunakan dalam membuat bentuk baja berkelengkungan tunggal maupun ganda pada badan mobil

CABLE STRUKTUR
Baja adalah satu-satunya bahan yang dapat digunakan sebagai struktur kabel. Bentuk struktur kabel dapat dibuat jumlah tak terbatas. Kabel dapat digunakan untuk menutupi permukaan atap permanen bisa datar kaku elemen frame atau permukaan membran.

UKURAN ELEMEN
Sebagai contoh gambar di bawah ini mengilustrasikan batas-batas rasio tinggi bentang untuk beberapa sistem yang umum digunakan struktur baja. Kolom baja struktural umumnya memiliki rasio tinggi ketebalan bervariasi antara 1: 24 dan 1: 9, yang tergantung pada beban dan tinggi kolom.
Sistem Struktur  Ukuran Elemen
Sistem Struktur Ukuran Elemen
Setiap struktur adalah gabungan dari bagian atau batang yang terpisah yang harus disambung bersama (biasanya di ujung batang) dengan beberapa cara. Sambungan terdiri dari koneksi komponen (plate charger, plat buhul, dukungan piring, dan konektor plat) dan bahan-bahan perhiasan (sekrup dan pengelasan).

Tidak ada komentar: