Sabtu, 29 Agustus 2015

Macam-macam Gaya Dalam Struktur Bangunan




3.2.    Macam-macam Gaya dalam Struktur Bangunan


3.2.1.         Proses Analisis
Langkah-langkah dasar proses analisis struktur dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan kekuatan struktur sesuai kondisi yang direncakan. Secara umum, langkah-langkah dasar proses analisis adalah:
1.      Menentukan perilaku struktur, menganalisis menjadi elemen-elemen dasar, serta membuat model kondisi batas elemen sehingga keadaan gabungan struktur yang sesungguhnya dapat direpresentasikan. Pemodelan menggunakan anggapan mengenai gaya dan momen pada elemen struktur tersebut. Pemodelan yang digunakan dapat sederhana misalnya balok di atas tumpuan sederhana, atau pemodelan yang cukup rumit misalnya balok pada struktur rangka yang mempunyai titik hubung kaku, dan yang mengharuskan peninjauan struktur secara lebih luas yang melibatkan bagian-bagian struktur yang lain.
2.      Menentukan sistem gaya eksternal yang bekerja pada struktur yang ditinjau. Hal ini sering melibatkan langkah-langkah seperti bagaimana beban penggunaan yang bekerja pada permukaan yang dipikul oleh elemen-elemen struktural dapat disalurkan ke tanah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagian mana dari beban total yang dipikul oleh setiap elemen struktur yang berhubungan. Dengan demikian cukup atau tidaknya kebutuhan elemen struktur dapat diketahaui.
3.      Menentukan dan menerapkan prinsip-prinsip keseimbangan, momen dan gaya-gaya reaksi yang timbul sebagai akibat adanya gaya-gaya eksternal. Untuk struktur statis tertentu dengan menerapkan persamaan-persamaan keseimbangan statika, yaitu Fx=0, Fy=0, dan ™ Mo=0. Untuk model struktur yang lebih kompleks adalah struktur statis tak tentu maka diperlukan metode penyelesaian khusus.
4.      Menentukan perilaku-perilaku momen dan gaya internal yang timbul dalam struktur sebagai akibat gaya-gaya eksternal. Pada elemen- elemen kaku linear seperti balok pada umumnya, hal ini melibatkan penentuan besar dan distribusi momen secara geser internal dalam struktur.
5.      Menentukan kekuatan elemen struktur agar cukup kuat untuk memikul gaya-gaya internal tersebut tanpa mengalami kelebihan tegangan maupun deformasi. Hal ini berarti melibatkan perhitungan

tegangan yang terkait dengan gaya internal yang ada serta membandingkan tegangan tersebut dengan tegangan yang aman untuk dipikul oleh material yang digunakan. Perkiraan tegangan aktual memerlukan tinjauan jumlah dan distribusi material dalam struktur.

3.2.2.         Aksi Gaya Eksternal Pada Struktur

Aksi gaya eksternal pada struktur menyebabkan timbulnya gaya internal di dalam struktur. Gaya internal yang paling umum adalah berupa gaya tarik, tekan, lentur, geser, torsi dan tumpu. Pada gaya internal selalu berkaitan dengan timbulnya tegangan dan regangan. Tegangan adalah ukuran intensitas gaya per satuan luas (N/nm2 atau Mpa), sedangkan regangan adalah ukuran deformasi (mm/mm).
§   Gaya tarik adalah adalah gaya yang mempunyai kecenderungan untuk menarik elemen hingga putus. Kekuatan elemen tarik tergantung pada luas penampang elemen atau material yang digunakan. Elemen yang mengalami tarik dapat mempunyai kekuatan yang tinggi, misalnya kabel yang digunakan untuk struktur bentang panjang. Kekuatan elemen tarik umunya tergantung dari panjangnya. Tegangan tarik terdistribusi merata pada penampang elemen.
§   Gaya tekan cenderung untuk menyebabkan hancur atau tekuk pada elemen. Elemen pendek cenderung hancur, dan mempunyai kekuatan yang relatif setara dengan kekuatan elemen tersebut apabila mengalami tarik. Sebaliknya kapasitas pikul beban elemen tekan panjang akan semakin kecil untuk elemen yang semakin panjang. Elemen tekan panjang dapat menjadi tidak stabil dan secara tiba-tiba menekuk pada taraf beban kritis. Ketidakstabilan yang menyebabkan elemen tidak dapat menahan beban tambahan sedikitpun bisa terjadi tanpa kelebihan pada material. Fenomena ini disebut tekuk (buckling). Adanya fenomena tekuk ini maka elemen tekan yang panjang tidak dapat memikul beban yang sangat besar.
§   Lentur adalah keadaan gaya kompleks yang berkaitan dengan melenturnya elemen (biasanya balok) sebagai akibat adanya beban transversal. Aksi lentur menyebabkan serat-serat pada sisi elemen memanjang, mengalami tarik dan pada sisi lainnya akan mengalami tekan. Jadi keadaan tarik maupun tekan terjadi pada penampang yang sama. Tegangan tarik dan tekan bekerja dalam arah tegak lurus permukaan penampang. Kekuatan elemen yang mengalami lentur tergantung distribusi material pada penampang dan juga jenis material. Respon adanya lentur pada penampang mempunyai bentuk-bentuk khusus yang berbeda-beda.



Gambar 3.14. Aksi gaya-gaya pada tinjauan struktur
Sumber: Schodek, 1999
§   Geser adalah keadaan gaya yang berkaitan dengan aksi gaya-gaya berlawanan arah yang menyebabkan satu bagian struktur tergelincir terhadap bagian di dekatnya. Tegangan akan timbul (disebut tegangan geser) dalam arah tangensial permukaan yang tergelincir. Tegangan geser umumnya terjadi pada balok.
§   Torsi adalah puntir. Tegangan tarik maupun tekan akan terjadi pada elemen yang mengalami torsi.
§   Tegangan tumpu terjadi antara bidang muka kedua elemen apabila gaya-gaya disalurkan dari satu elemen ke elemen yang lain. Tegangan- tegangan yang terjadi mempunyai arah tegak lurus permukaan elemen.

3.2.3.         Fenomena Struktural Dasar

a)       Kestabilan menyeluruh
Suatu struktur dapat terguling, tergelincir, atau terpuntir relatif terhadap dasarnya terutama apabila mengalami beban horisontal seperti angin dan gempa, seperti pada Gambar 3.15. Struktur yang relatif tinggi atau struktur yang memiliki dasar yang relatif kecil akan mudah terguling. Ketidak seimbangan terhadap berat sendiri dapat menyebabkan terjadinya guling. Penggunaan pondasi kaku yang lebar dapat mencegah tergulingnya bangunan, selain itu penggunaan elemen-elemen pondasi seperti tiang-tiang yang mampu memikul gaya tarik.

b)      Kestabilan hubungan

Suatu bagian struktur yang tidak tersusun atau terhubung dengan baik akan dapat runtuh secara internal. Mekanisme dasar-dinding pemikul beban, aksi rangka atau dengan penambahan elemen diagonal dapat digunakan untuk membuat struktur menjadi stabil.

Gambar 3.15. Keruntuhan struktur dan respon struktur mencegah runtuh
Sumber: Schodek, 1999

c)       Kekuatan dan kekakuan elemen

Permasalahan kekuatan dan kekakuan elemen struktural berkaitan akibat tarik, tekan, lentur, geser, torsi, gaya tumpuan, atau deformasi berlebihan yang timbul secara internal dalam struktur karena adanya beban yang diterima. Adanya beban dan gaya juga menimbulkan tegangan- tegangan pada material elemen struktural tersebut.

3.2.4.         Kestabilan Struktur

Kestabilan struktur diperlukan untuk menjamin adanya kestabilan bangunan pada segala kondisi pembebanan yang mungkin terjadi. Semua struktur akan mengalami perubahan bentuk atau deformasi apabila mengalami pembebanan. Pada struktur yang stabil, deformasi yang terjadi akibat beban pada umumnya kecil, dan gaya internal yang timbul dalam struktur mempunyai kecenderungan mengembalikan bentuk struktur ke bentuk semula apabila beban dihilangkan. Pada struktur yang tidak stabil, deformasi yang terjadi akan cenderung bertambah selama struktur dibebani,

sistem tidak meberikan gaya-gaya internal untuk mengembalikan bentuk struktur ke bentuk semula. Struktur yang tidak stabil mudah mengalami keruntuhan (collapse) secara menyeluruh dan seketika begitu dibebani.
Stabilitas struktur merupakan hal yang sulit, karena sistem struktur merupakan gabungan dari elemen-elemen diskrit. Suatu struktur kolom balok merupakan sistem struktur yang stabil untuk beban-beban vertikal (Gambar 3.16a). Pada perubahan pembebanan yang menimbulkan gaya horisontal maka sistem struktur akan mengalami deformasi (Gambar 3.16b). Kondisi ini menunjukkan bahwa sistem tidak memiliki kemampuan untuk menahan baban  horisontal, serta  tidak  memiliki mekanisme yang dapat mengembalikan ke bentuk semula apabila beban horisontal tersebut dihilangkan. Sistem struktur ini merupakan sistem yang tidak stabil, dan merupakan awal terjadinya keruntuhan.

Gambar 3.16. Analisa kestabilan struktur
Sumber: Schodek, 1999

Cara untuk membentuk sistem struktur menjadi sistem yang stabil.
-        Penambahan elemen diagonal pada struktur, dengan demikian struktur tidak akan mengalami deformasi menjadi jajaran genjang. Elemen diagonal harus tidak mengalami perubahan besar pada panjangnya pada saat mengalami deformasi karena beban horisontal, sehingga elemen diagonal harus dirancang cukup untuk menahan beban tersebut.
-        Menggunakan dinding geser. Elemennya berupa elemen permukaan bidang kaku yang dapat menahan deformasi akibat beban horisontal. Elemen bidang permukaan kaku dapat terbuat dari konstruksi beton bertulang atau dinding bata, baik dinding penuh atau sebagian. Ukuran dinding tergantung pada besar gaya yang bekerja padanya.
-        membentuk hubungan antara elemen struktur sedemikian rupa sehingga perubahan sudut yang terjadi berharga konstan untuk suatu kondisi pembebanan yang diterimanya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat titik hubung kaku antara elemen struktur pada sudut pertemuan antara elemen struktur tersebut. Struktur yang menggunakan titik hubung kaku untuk menjamin kestabilan sering disebut sebagai rangka (frame).

Gambar 3.17. Contoh komponen struktur untuk bangunan yang umum
Sumber: Schodek, 1999

Untuk menjamin kestabilan struktur selain menggunakan cara-cara yang telah disebutkan, dapat pula menggunakan penggabungan dari cara- cara mendasar tersebut, misalnya elemen struktur dihubungkan secara kaku dan mempunyai elemen diagonal (Gambar 3.17). Hal ini akan semakin memperbesar derajat kestabilan atau kestatis-tak-tentuannya.
Pada rakitan komponen struktur, salah satu atau lebih komponen yang menjamin kestabilan harus digunakan agar struktur tidak runtuh secara lateral. Satu elemen struktur dapat didesain dengan menggunakan satu cara yang menjamin stabilitas struktur untuk satu arah lateral, dan cara yang lain untuk arah yang lainnya.

3.2.5.         Pemodelan Struktur

Struktur dibagi ke dalam elemen-elemen yang lebih mendasar dengan cara memisahkannya pada hubungan antara elemen-elemen struktur, kemudian mengganti aksi elemen dengan sekumpulan gaya-gaya dan momen yang mempunyai efek ekuivalen. Dalam hal ini gaya yang dimodelkan adalah gaya-gaya reaksi. Contoh sederhana pemodelan struktur untuk perletakan balok sederhana atau model rangka seperti pada Gambar 3.18.

Gambar 3,18. Pemisahan elemen struktural
Sumber: Schodek, 1999


Pemodelan efektif bergantung pada pengidentifikasian perilaku nyata struktural pada titik hubung elemen-elemen struktur. Untuk memudahkan analisis, titik hubung dapat dimodelkan dalam jenis-jenis dasar hubungan yaitu titik sendi, rol atau jepit. Dalam menentukan model yang paling mendekati kondisi nyata di lapangan, diperlukan pertimbangan yang sangat matang.
Langkah awal mengganalisis suatu titik hubung adalah dengan menyelidiki apakah titik tersebut dapat meneruskan rotasi pada suatu elemen struktur ke elemen lainnya akibat adanya suatu beban. Jika titik hubung tidak meneruskan rotasi maka pemodelannya adalah sendi atau rol.

Perbedaan antara sendi dan rol adalah pada arah penyaluran gaya. Apabila penyaluran gaya ke sembarang arah maka pemodelannya adalah sendi, sedangkan jika penyalurannya pada satu arah saja maka pemodelannya menggunakan rol.
Apabila titik hubung dapat meneruskan rotasi, ada momen pada masing-masing ujung elemen struktur, titik hubung ini disebut titik hubung kaku (rigid joints). Titik hubung kaku selalu mempertahankan sudut antar elemen-elemen struktur. Titik hubung kaku seperti yang terlihat pada Gambar 3.19(f) merupakan bagian dari satu rangka namun dapat mengalami translasi dan rotasi sebagai satu kesatuan. Jika elemen struktur terjepit kaku dan tidak membolehkan adanya translasi maupun rotasi antar ujung elemen maka titik hubung disebut hubungan ujung jepit Gambar 3.19(o).
Perbedaan antara titik hubung sendi dan jepit kadang sulit untuk ditentukan secara langsung. Biasanya apabila satu elemen struktur dihubungkan dengan yang lainnya pada satu titik saja, maka titik hubung tersebut adalah sendi. Jika elemen struktur terhubung di dua titik yang berjarak jauh, maka titik hubung tersebut dikatakan kaku. Gambar 3.19(c) dan (f) mengilustrasikan dua elemen struktur baja flens lebar yang dihubungkan dengan dua cara berbeda. Gambar 3.19(e) menunjukkan hubungan sendi yang dihubungkan hanya pada satu titik. Gambar 4.4(f) menunjukkan las yang menggabungkan flens dan web kedua elemen struktur menyebabkan titik hubung tersebut menjadi kaku.
Pada struktur nyata, titik hubung rol ada yang bisa dan ada yang tidak bisa menahan gerak ke atas. Rol dapat dibuat menahan gerak ke atas seperti yang terlihat pada Gambar 3.19(g).
Selain perilaku berbagai titik hubung, perlu juga diperhatikan persyaratan minimum mengenai jumlah dan jenis hubungan struktur dengan arah. Kumpulan titik hubung struktur harus mampu mempertahankan persamaan keseimbangan dasar Fx=0, Fy=0, dan Mo=0. Sebagai ilustrasi adalah sebuah balok tidak dapat terletak di atas dua tumpuan rol. Disamping karena apabila balok diberi beban horisontal maka struktur akan bertlanslasi pada arah horisontal, atau model struktur ini tidak dapat memenuhi persamaan Fx=0. .
Pada pemodelan yang diakibatkan adanya beban eksternal, beban aktual pada suatu struktur dapat terpusat atau terdistribusi merata pada suatu luasan. Beban terpusat dapat digambarkan dengan vektor gaya, sedangkan beban merata diperlukan pemodelan jika luasan yang ditinjau terdiri atas elemen-elemen permukaan dan garis. Setiap elemen akan mengambil bagian dari beban total yang bekerja, bergantung pada susunan elemen-elemen strukturnya.
Sebuah struktur plat sederhana yang tertumpu pada balok, dapat dimodelkan dengan sistem beban permukaan dari plat yang dipikul oleh sistem balok seperti pada gambar 3.20(a,b, dan c). Sedangkan pemodelan lain adalah berdasarkan konsep luas kontribusi, seperti pada gambar 3.20(d,e, dan f).



Gambar 3.19. Berbagai jenis hubungan dan pemodelannya
Sumber: Schodek, 1999









Gambar 3.20. Pendekatan pemodelan pembebanan pada struktur plat
Sumber: Schodek, 1999


3.4.    Cara Menyusun Gaya


3.4.1.         Besaran dan Satuan
Setiap besaran dalam ilmu gaya harus dinyatakan dengan satuan. Umumnya besaran-besaran terbagi kedalam dimensi massa/mass (M), panjang/length (L) dan  besaran waktu/time (T). Misal satuan massa kg memiliki dimensi M, sedangkan percepatan gravitasi m/dt2 memiliki dimensi L / T2 atau LT-2 . Sedang satuan gaya Newton, yang dapat diruntut dari kg m
/ dt2, memiliki dimensi M L T-2.
Sistem satuan yang umum digunakan adalah satuan metrik dan satuan teknis. Satuan metrik, merupakan satuan yang memiliki satuan utama metrik, meter kg. Sedangkan satuan teknis, merupakan satuan yang umum digunakan di Eropa maupun Amerika berdasarkan satuan utama lb, inch dan foot.
Untuk menyatakan satuan metrik ke dalam satuan teknis atau sebaliknya memerlukan konversi. Tabel 3.5, menunjukkan satuan utama umum yang perlu diketahui dalam ilmu teknik berikut konversinya.

3.4.2.         Besaran Skalar dan Besaran Vektor

Besaran yang kita nyatakan kadang tidak mengandung komponen arah. Besaran ini disebut sebagai besaran skalar. Sementara besaran lain mengharuskan kita menyertakan arah terhadap struktur atau titik acuan tertentu. Besaran ini disebut sebagai besaran vektor. Sebagai contoh, besaran gaya newton atau kg force, akan menjadi kabur jika tidak disertai dengan pernyataan arah dari suatu titik tangkap, yakni kemana arah gaya tersebut dan dimana titik tangkapnya pada atau dalam suatu struktur. Arah dan titik tangkap pada besaran vektor tersebut akan memberikan konsekuensi yang berbeda dalam penggabungan dari besaran skalar.

3.4.3.         Gaya

Gaya secara singkat dapat diartikan sebagai besaran usaha yang dikerjakan pada suatu titik dan atau bidang dengan arah tertentu. Berdasarkan satuan metrik, satuan Newton merupakan satuan gaya yang umum digunakan. Besaran gaya ini merupakan perkalian besaran massa dan besaran percepatan yang dialamai oleh benda / materi tertsebut. Suatu masa 1 kg, jika ada di bumi, pasti akan mengalami percepatan gravitasi (g) yang besarnya mendekati 10 m/dt2. Dengan begitu massa tersebut akan memberikan gaya berat akibat gravitasi sebesar 10 Newton.
Satuan gaya ini kadang digunakan secara praktis oleh pelaku bidang keteknikan, utamanya yang banyak terlibat dengan berat suatu struktur, yakni digunakan istilah satuan kgf yang mengandung pengertian bahwa 1 kgf (1 kg force) dapat dikonversikan dengan besaran 10 Newton.
Gaya dapat dilukis dalam bentuk diagram panah. Panjang diagram merepresentasikan besar gaya. Sedang arah panah menunjukkan  arah gaya yang bersangkutan

Tabel 3.5: Konversi Satuan Amerika Serikat (US) terhadap Satuan Baku Internasional (SI Units)
Sumber: Gere & Timoshenko, 1994

Satuan Umum Amerika (US Unit)
Pengali
Satuan Internasional (SI Unit)
Percepatan
Foot per detik kuadrat              Ft/sec2
Inch per detik kuadrat              Inch/dt2

0.305
0.0254
Percepatan
Meter per detik kuadrat       M/dt2 Centimeter per detik2             Cm/dt2
Luas (area)
Kaki persegi (square foor)        Ft2 Inch persegi (square inch)        Inch2

0.093
645
Luas
Meter persegi                    M2
Centimeter persegi               Cm2
Kerapatan Massa (Density)
Slug per foot kubik                 Slug/ft3

515
Kerapatan massa
Kilogram per meter kubik    Kg/m3
Gaya
Pound                                 Lb
Kip (1000 pound)                    k

4.45
4.45
Gaya
Newton                           N
Kilonewton                           kN
Panjang
Foot                                   Ft
Inch                                   Inch
Mile                                    Mile

0.31
2.54
1.61
Panjang
Meter                             M
Centimeter                       Cm
Kilometer                         Km
Massa
Slug                                   Slug
Pound                                 lb

14.583
0.4536
Masa
Kilogram (masaa)                Kg Kilogram (masa)
Gaya Momen
Pound foot                           Lb ft
Pound inch                          Lb.inch
Kip foot                               Kip/fg
Kip inch                              Kip / inc

0.136
13.56
0.136
1.130
Momen gaya
Kilogram.meter                   Kg.m
Kilogram.centimeter              Kg.cm
Ton. Meter                      T m
Ton centimeter                   T cm
Tekanan; tegangan
Pound per square foot           Lb/ft2
Pound per square inch          Lb/ich2
Kip pert square foot              Kip/ft2
Kip per square inch              Kip/inch2

6.8948
6.8948
47.880
6.8948
Tegangan
Kilo Newton/meter2                   kN/m2
Newton/centi meter2                 N/cm2
Kilo Newton/meter2                   kN/m2
Newton/centi meter2                 N/cm2
Berat Jenis (specific weight)
Pound per foot kubik             Lb/ft3
Pound per inch kubik            Lb/inch3

16.019
27.68
Berat Jenis
Kilogram per meter kubik    Kg/m3 Gram centimeter kubik       Gr/cm3
Volume
Ounces (oz)                        Oz
Gallon                               Ft3
Foot kubik (cubic foot)          Ft3
Cubic yards                       Yd3
Inch kubik (cubic inch)          Inch3

29.574
3.7854
0.02832
0.07646
0.1639
Volume
Mililiter=centimeter kubik        Ml = cc Liter = Desimeter kubik       Lt Meter kubik                     M3
Meter kubik                     M3
Liter                              Lt

a)       Arah Gaya

Berdasarkan arah pada suatu bidang datar dan terhadap titik tangkap tertentu, gaya dapat  dibagi menjadi gaya datar (horisontal), vertikal dan gaya yang berarah miring.

Gambar 3.21. Arah gaya pada suatu bidang: (a) Horisontal, (b) vertikal dan(c) gaya miring / diagonal.
Sumber: Gere & Timoshenko, 1994


b)      Gaya Normal

Terhadap arah serat batang struktur, gaya-gaya tersebut dapat dibedakan dan diuraikan ke dalam gaya normal/sejajar serat dan gaya melintang/tegak lurus serat. Berdasarkan arah, gaya normal dapat berupa gaya tekan, sering disepakati dengan tanda N (Normal negatif) dan gaya tarikan sebagai N + (gaya normal positif).

c)       Gaya Lintang

Terhadap serat batang, gaya ini memiliki arah tegak lurus atau melintang. Karenanya, gaya ini lebih sering disebut sebagai gaya lintang atau gaya geser. Ditinjau dari arah terhadap tampang batang, gaya lintang dapat berupa gaya lintang positif (+) dan gaya lintang negatif (-). Sebenarnya pembedaan tanda tersebut hanya didasarkan  kesepakatan agar memberi kemudahan dan keajegan presentasi perhitungan pada perancangan struktur.


Gambar 3.22. Gaya normal dan gaya lintang: (a) Gaya normal Tekan (P1),
(b) Normal Tarik (P2) dan gaya lintang negatif (P3), (c) gaya lintang positif (P4)
Sumber: Gere & Timoshenko, 1994

Gaya lintang positif dapat ditandai dengan bagian kiri dari batang tergeser berarah ke atas, sementara bagian kiri mengarah ke bawah. Dengan begitu mengakibatkan batang yang terkena gaya tersebut berputar kekanan. Sedang gaya lintang negatif, merupakan kebalikan gaya lintang posif, mengakibatkan dua bagian batang berputar ke kiri.

d)      Momen

Batang yang dikenai gaya tegak lurus terhadap batang akan menghasilkan gaya putar (rotasi) terhadap titik yang berjarak tertentu di sepanjang batang. Gaya memutar tersebut disebut sebagai momen. Dengan begitu besaran momen merupakan perkalian antara gaya (tegak lurus) dengan lengan momen.
Berdasarkan arah putaran, momen dapat berupa momen yang berotasi searah jarum jam (MR +) dan momen yang berotasi melawan arah jarum jam (MR -). Sedangkan terhadap akibat yang ditimbulkan  pada batang, momen tersebut akan melenturkan batang. Momen ini disebut sebagai momen lentur (M ltr). Momen lentur inipun di bedakan menjadi momen lentur positif ( M ltr +) dan momen lenturan negatif (M Ltr -).

Gambar 3.23. P1, P2 dan P3 menghasilkan momen rotasi negatif, P2 gambar (b) menyebabkan momen lentur negatif, P3 pada gambar (c) menyebabkan momen lentur positif
Sumber: Gere & Timoshenko, 1994
Momen lentur positif ditandai dengan bagian atas serat/ tampang mengalami tekanan dan bagian bawah tampang mengalami tarikan. Sedangkan momen lentur negatif ditandai dengan bagian atas tampang melintang batang mengalami tarikan dan bagian bawah tampang batang mengalami tekanan.
Selain momen lentur, momen dapat pula terdiri dari momen puntir dan momen kopel. Contoh momen puntir yang sering dijumpai adalah momen yang dialami oleh batang obeng (screw driver). Momen ini bekerja sejajar dengan tampang melintang batang. Sedangkan momen kopel merupakan momen pada suatu titik pada gelegar yang bekerja sejajar arah panjang gelegar atau batang. Ilustrasi puntir kopel ditunjukkan pada Gambar 3.24.

Tidak ada komentar: